Kemendikbud Desain Sistem Lulusan SMK Langsung Diterima Kerja

Deputy Director for Vocational Alignment and Industrial Cooperation Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Saryadi Guyatno menjamin bahwa lulusan SMK siap untuk diterima di dunia industri.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah dan akan terus mendesain sistem pendidikan yang mampu menyiapkan para lulusan SMK untuk masuk ke dunia kerja.

“Cukup banyak. Banyak industri yang langsung menerima lulusan SMK. Bahkan kami ada program kelas industri, perusahaan buat kelas di industri,” kata dia saat ditemui, di sela-sela diskusi bertajuk ‘Vokasi dan Ironi Pendidikan di Era Milenial’ di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018).

“Kalau disebut lulusan SMK tidak siap pakai, mungkin ada, tapi yang baik juga banyak,” lanjut Saryadi.

Saryadi mengatakan bahwa Kemendikbud pun telah membuka kesempatan bagi dunia usaha baik BUMN maupun swasta untuk masuk dan menjadi bagian dalam proses pembelajaran di SMK. Hal ini, tentu akan memperbesar kesempatan bagi lulusan SMK untuk diterima bekerja.

“Contoh Honda. Bengkelnya AHASS. Saya bisa pastikan mekaniknya anak-anak lulusanĀ SMK. Karena kita ada kerja sama dengan Astra Honda Motor kelas khusus Honda. Semuanya distandardisasi. Lulus dari program itu, direkrut. Ada BUMN, ada PLN, ada PT KAI,” tegas dia.

Liputan6.com, Jakarta